Rabu, 01 Februari 2012

Tipe-tipe Kepemimpinan

1. Tipe Otokratik, adalah seorang pemimpin yang tergolong otokratik, memiliki serangkaian karakteristik yang biasanya dipandang negatif, seorang pemimpin otokratik adalah seorang yang egois sehingga menumbuhkan dan mengembangkan presepsinya bahwa tujuan organisasi identik dengan tujuan pripadinya. Ciri-cirinya : kecendrungan memperlakuan bawahan sama dengan alat lain dalam organisasi, pengutamaan perorientasi terhadap pelaksanaan dan penyelesaian tugas, pengabaian peranan bawahan terhadap pengambilan keputusan, memberikan perintah atau intruksi dengan keras
2. Tipe Paternalistik, adalah pemimpin yang umumnya terdapat pada masyarakat tradisional. popularitas pemimpin yang paternalistik disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu :

  • Kuatnya ikatan primodial
  • Peranan adat istiadat yang kaut
  • Masih dimungkinkan hubungan pribadi yang inti
  • kehidupan masyarakat yang komunalistik
3. Tipe Kharismatik, adalah seorang pemimpin yang memiliki karakteristik yang khas, yaitu daya tariknya yang kuat sehingga mampu memperoleh pengikut yang besar, dan para pengikutnya tidak selalu dapat menjelaskan secara kongkret mengapa mereka mengaguminya
4. Tipe Laissez faire, adalah pemimpin dengan anggapan bahwa anggota organisasi sudah mengetahui dan cukup dewasa untuk taat pada peraturan yang berlaku. seorang pemimpin tipe ini cenderung memilih peran yang pasif dan membiarkan organisasi berjalan menurut temponya sendiri, dengan demikian gaya kepemimpinannya akan dicirikan oleh yang itu :
  1. Pendelegasian wewenang terjadi secara ektensif
  2. Pengambilan keputusan diserahkan kepada pejabat pimpinan yang telah rendah
  3. Interpensi pimpinan dalam perjalanan organisasi berada pada tingkat yang minimal
5.  Tipe Demokrasi, biasanya memandang peranannya selaku kordinator dan intergrator karnanya pendekatan dalam menjalankan fungsi kepemimpinannya adalah holistik dan integralistik.
seorang pemimpin yang demokratis melihat dalam perbedaan harus terjamin kebersamaan, ciri-cirinya, yaitu :
  1. Bawahannya dilibatkan secara aktif dalam pengambilan keputusan
  2. Selalu mengusahakan pendelegasian kepemimpinan yang praktis dan realistis 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar